Tips Merawat Motor Ber-Cc Besar

Placeholder
Otomotif

JAKARTA - Merawat motor yang memiliki cc besar atau sering juga dijuluki dengan motor gede (moge) itu susah-susah gampang. Kalau kurang perhatian, bisa-bisa motor tidak nyaman lagi ditunggangi. Padahal, untuk melindungi moge dari risiko kerusakan, Anda cukup memerhatikan detail-detail kecil saja.

Guna menjaga penampilan dan kesehatan moge, berikut ini tips merawatnya, seperti dikutip dari Cekaja, Kamis (12/1/2017):

Matikan Motor lewat Sakelar Cut-Off

Untuk menjaga kondisi pengapian moge tetap baik, sebaiknya tidak mematikan motor langsung dari kunci kontak. Lebih baik matikan motor lewat sakelar atau tombol cut-off guna mencegah arus balik ke CDI.

Ganti Oli Rutin Maksimal 2.000 Km

Tune up dan ganti oli rutin menjadi sebuah kewajiban agar moge selalu dalam kondisi prima. Meski beberapa merek oli masih baik digunakan walau sudah menempuh jarak lebih dari 2.000 kilometer, tetapi demi performa kendaraan yang lebih baik, tidak ada salahnya untuk rutin mengganti oli setiap 2.000 km sekali.

Semprot Cakram

Setiap kali sehabis melewati jalan becek atau kotor, periksa kondisi cakram, semprot, serta bersihkan. Hal ini berguna untuk mencegah macetnya rem dikarenakan kotoran menghambat proses pengereman.

Jaga Penampilan Luar Motor

Menjaga cat motor dapat dilakukan dengan rajin memolesnya menggunakan bahan yang mengandung silikon atau pelindung cat. Selain itu, jangan lupa untuk melindungi badan motor dengan kain pelindung yang sudah banyak dijual di toko atau bengkel motor. (san)



Warta Sejenis

memuat...

Warta Populer

Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!